Pranata Hubungan Masyarakat

Ditetapkan pada tanggal 6 Oktober 2023

Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat yang selanjutnya disebut dengan Jabatan Fungsional Pranata Humas adalah jabatan yang mempunyai tugas dan ruang lingkup kegiatan untuk melakukan kegiatan pelayanan dan pengelolaan informasi dan kehumasan.

Dasar Hukum

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2023

Jabatan Fungsional di Bidang Komunikasi dan Informatika

Akses Premium Bebas Iklan

Dapatkan akses bebas iklan dan fitur spesial premium lainnya hanya dengan Rp99.000/tahun

Klik di sini untuk informasi selengkapnya

Kedudukan dan Tanggung Jawab

Pranata Hubungan Masyarakat berkedudukan sebagai pelaksana teknis di bidang pelayanan dan pengelolaan informasi dan kehumasan pada Instansi Pemerintah.

Pranata Hubungan Masyarakat berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat pimpinan tinggi madya, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, atau pejabat pengawas yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas Jabatan Fungsional di Bidang Komunikasi dan Informatika.


Klasifikasi/Rumpun Jabatan

Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat termasuk dalam klasifikasi/rumpun Penerangan dan Seni Budaya.

Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat merupakan Jabatan Fungsional kategori keterampilan dan keahlian.

Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi, terdiri atas:

  • Pranata Hubungan Masyarakat Pemula
  • Pranata Hubungan Masyarakat Terampil
  • Pranata Hubungan Masyarakat Mahir
  • Pranata Hubungan Masyarakat Penyelia
  • Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama
  • Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Muda
  • Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Madya
  • Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Utama

Tugas Jabatan

Tugas Jabatan Fungsional Pranata Hubungan Masyarakat yaitu melaksanakan pelayanan dan pengelolaan informasi dan kehumasan yang terdiri atas:

  1. melaksanakan layanan stasioner informasi dan kehumasan
  2. melaksanakan pengumpulan data pelayanan informasi dan kehumasan
  3. melaksanakan pengolahan data layanan informasi dan kehumasan
  4. melaksanakan penyajian dan pemutakhiran data layanan informasi dan kehumasan
  5. melaksanakan pengelolaan naskah, konten, dan data di bidang informasi dan kehumasan
  6. melaksanakan pengelolaan program di bidang informasi dan kehumasan
  7. melaksanakan evaluasi, penyusunan rekomendasi, dan strategi di bidang informasi dan kehumasan
  8. melaksanakan penyusunan dan pengembangan strategi, desain, dan inovasi kerangka kerja sistem komunikasi publik nasional

Cek tugas selengkapnya

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2023

Jabatan Fungsional di Bidang Komunikasi dan Informatika

Jabatan Pilihan


Jabatan Fungsional Pekerja Sosial adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melakukan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.


Jabatan Fungsional Analis Standardisasi adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melaksanakan pengembangan standar, penerapan standar dan penilaian kesesuaian, dan akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian.


Jabatan Fungsional Teknisi Penelitian dan Perekayasaan yang selanjutnya disebut Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan layanan teknis dan operasional yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan Penelitian, Pengembangan, Pengkajian, dan Penerapan teknologi.


Jabatan Fungsional Penata Kelola Perumahan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang, untuk melakukan kegiatan Penatakelolaan Perumahan.