Beranda Data Peraturan Kamus Hukum Kontak

Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman

Ditetapkan pada tanggal 17 Juni 2022

Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan pemeriksaan substantif perlindungan varietas tanaman.

Dasar Hukum

Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman

Kedudukan dan Tanggung Jawab

Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman berkedudukan sebagai pelaksana teknis fungsional di bidang Pemeriksaan Substantif Perlindungan Varietas Tanaman pada Instansi Pembina.

Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada pejabat pimpinan tinggi madya, pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, atau pejabat pengawas yang memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan tugas Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman.


Klasifikasi/Rumpun Jabatan

Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman termasuk dalam klasifikasi/rumpun Ilmu Hayat.

Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman merupakan Jabatan Fungsional kategori keahlian.

Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman dari jenjang terendah sampai dengan jenjang tertinggi, terdiri atas:

  • Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman Ahli Pertama (III/a dan III/b)
  • Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman Ahli Muda (III/c dan III/d)
  • Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman Ahli Madya (IV/a, IV/b, dan IV/c)

Tugas Jabatan

Tugas Jabatan Perlindungan Varietas Tanaman terdiri atas:

  1. pemeriksaan dokumen Permohonan Hak Perlindungan Varietas Tanaman
  2. pelaksanaan Pemeriksaan Substantif
  3. pemantauan keragaman Varietas Tanaman
  4. pelaksanaan identifikasi varietas contoh
  5. penyusunan atau penyempurnaan panduan pelaksanaan uji

Cek tugas selengkapnya

Jabatan Fungsional Pemeriksa Perlindungan Varietas Tanaman

Jabatan Pilihan

Perancang Peraturan Perundang-undangan

Jabatan Fungsional Perancang Peraturan Perundang-undangan yang selanjutnya disebut Jabatan Fungsional Perancang adalah jabatan yang mempunyai tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan pembentukan peraturan perundang-undangan dan penyusunan instrumen hukum lainnya pada Instansi Pemerintah.

Asisten Inspektur Keamanan Penerbangan

Jabatan Fungsional Asisten Inspektur Keamanan Penerbangan adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melaksanakan kegiatan pengaturan, pengendalian, pengawasan dan investigasi di bidang keamanan penerbangan, penanganan pengangkutan kargo dan/atau barang berbahaya, atau pelayanan darurat.

Pemeriksa Perdagangan Berjangka Komoditi

Jabatan Fungsional Pemeriksa Perdagangan Berjangka Komoditi yang selanjutnya disebut Jabatan Fungsional Pemeriksa PBK mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melakukan kegiatan pengawasan, pemeriksaan, penyidikan di bidang perdagangan berjangka komoditi dan sistem resi gudang dan pengaturan, pembinaan, pengawasan dan pengembangan, serta fasilitasi substansi di bidang perdagangan berjangka komoditi, sistem resi gudang, dan pasar lelang komoditas.

Asisten Statistisi

Jabatan Fungsional Asisten Statistisi adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melaksanakan teknis Kegiatan Statistik.