Premium Data Peraturan Kamus Hukum Menu

Rancangan Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan


Ditetapkan pada tanggal 20 September 2022
Jenis: Rancangan Undang-Undang
Konsiderans
Menimbang:
  1. bahwa dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, diperlukan pembangunan nasional yang didukung dengan perekonomian yang tangguh.

  2. bahwa untuk mewujudkan perekonomian yang tangguh diperlukan pengembangan dan penguatan sektor keuangan yang lebih optimal guna mendukung pertumbuhan perekonomian nasional.

  3. bahwa untuk mendukung upaya pengembangan dan penguatan sektor keuangan di Indonesia yang sejalan dengan perkembangan industri jasa keuangan semakin kompleks dan beragam, perekonomian nasional dan internasional yang bergerak cepat, kompetitif, dan terintegrasi dengan tantangan yang semakin kompleks, dan digitalisasi ekonomi dunia dan nasional, sistem keuangan yang semakin maju, serta terdapat beberapa lembaga jasa keuangan yang masih belum mempunyai kerangka pengaturan dan pengawasan, diperlukan pengaturan industri dan/atau aktivitas bisnis keuangan baru di bidang sektor keuangan, serta penyesuaian berbagai aspek kebijakan di seluruh sektor keuangan, yang meliputi perbankan, pasar modal, pasar uang dan valuta asing, perasuransian, program penjaminan polis, perusahaan penjaminan, dana pensiun, perusahaan pembiayaan, dan industri keuangan nonbank lainnya yang pengaturannya tersebar dalam beberapa Undang-Undang.

  4. bahwa untuk percepatan penyusunan pengaturan baru serta penyesuaian berbagai pengaturan di sektor keuangan secara efektif dan efisien, diperlukan terobosan hukum melalui pembentukan Undang-Undang dengan menggunakan metode omnibus yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam beberapa Undang-Undang ke dalam 1 (satu) Undang-Undang secara komprehensif.

  5. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d, perlu membentuk Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

Jika ada kendala link download error, kesalahan informasi, informasi kurang lengkap, kritik, saran, atau menambahkan informasi, silakan hubungi kami melalui email paralegal@paralegal.id. Hubungi kami melalui Facebook fb.me/paralegalid, Twitter @paralegalid, dan Instagram @paralegalid
Hubungi kami melalui WhatsApp +62851-5667-7590 dan Telegram +62851-5667-7590

Peraturan Pilihan


Peta Kapasitas Fiskal Daerah


Statuta Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya


Penyediaan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini


Penyelenggaraan Surveilans Kesehatan


Pengesahan United Nations Convention Against Illicit Traffic in Narcotic Drugs and Psychotropic Substances, 1988 (Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Pemberantasan Peredaran Gelap Narkotika dan Psikotropika, 1988)