Penjelasan Sederhana Negara dan Hukum

Penjelasan mengenai negara dan hukum sangat penting bagi masyarakat. Masyarakat sebagai warga negara yang hidup dalam negara perlu mengenalnya. Mengenal negara bukan hanya untuk sekadar tahu, setidaknya mengerti bahkan sampai memahami. Sebagian masyarakat berjuang hidup karena mereka berpikir, mereka sendiri yang harus melakukannya. Kita pasti pernah bertanya, jika kita tidak berjuang untuk hidup, siapa yang akan memperjuangkannya?

Negara punya tanggung jawab atas hidup masyarakat. Tanggung jawab negara tertuang dalam dokumen penting saat pertama kali negara dibentuk. Dalam dokumen tersebut diatur sedemikian rupa tentang negara. Sebagian isinya adalah kegunaan negara. Negara punya banyak kegunaan bagi masyarakat. Masyarakat membutuhkan kemudahan dalam jual beli, negara menyediakan alat tukar (uang). Dengan uang masyarakat tidak lagi kesulitan melakukan barter.

Masyarakat membutuhkan bantuan untuk melawan kejahatan. Pencurian, pembunuhan, dan kejahatan lainnya diserahkan kepada negara untuk mengurusnya sehingga keamanan masyarakat terjaga. Kehadiran negara seharusnya membuat masyarakat tertolong dalam menjalani kehidupan. Kesadaran seperti ini harus ditumbuhkan terlebih dahulu, baru kemudian mengetahui cara menggunakan negara.

Cara Menggunakan Negara

Cara menggunakan negara juga tertuang dalam dokumen penting pembentukan negara. Dalam dokumen penting tersebut cara menggunakan negara ialah hukum. Hukum merupakan salah satu alat untuk menggunakan negara. Hukum yang dimaksud yaitu hukum yang dibuat oleh negara itu sendiri. Selain hukum negara, banyak hukum lain yang ada di dunia ini seperti hukum agama, hukum adat, dan lain-lain. Di negara tertentu hukum agama adalah hukum negara, berbeda dengan negara Indonesia.

Selain hukum negara, masyarakat Indonesia juga melaksanakan hukum agama dan juga hukum adat. Kondisi seperti ini menjadi salah satu penyebab sulitnya masyarakat mengenal negara dan hukum. Dokumen penting yang dimaksud di Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD NRI 1945). Langkah pertama mengenal negara dan hukum adalah dengan memahami UUD NRI 1945. UUD NRI 1945 ini dapat di-download dengan klik di sini.

UUD NRI 1945 mengandung ideologi negara yaitu Pancasila dan mengatur tentang presiden, hak asasi manusia, daerah provinsi, kabupaten/kota, pemilihan umum, pengadilan, wilayah, ekonomi, bahasa, lambang negara bahkan agama. Masyarakat harus mulai memahami UUD NRI 1945 atau sedikitnya hafal untuk kemajuan kehidupan. Memahami UUD NRI 1945 menjadikan masyarakat tahu hak-haknya. Hak-hak tersebut dapat dituntut kepada negara untuk dipenuhi sesuai dengan aturan yang ada dalam UUD NRI 1945.

Memahami Hukum untuk Menggunakan Negara

Hukum negara Indonesia tertuang dalam bentuk dokumen Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Peraturan Daerah Provinsi, dan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota, dan peraturan perundang-undangan lainnya. Dokumen di atas dapat dibaca oleh masyarakat. Dalam dokumen tersebut masyarakat akan melihat aturan dari berbagai aspek kehidupan. Mulai dari cara melakukan pernikahan baik bagi agama Islam dan agama lainnya, cara melakukan jual beli, cara melaporkan pencurian dan pembunuhan. Semua hal ini ada diatur dalam dokumen tersebut.

Masyarakat dapat mulai memahami dengan membaca peraturan perundang-undangan tersebut. Membaca peraturan tersebut bisa dilakukan secara mandiri, karena bahasa peraturan perundang-undangan mudah dipahami. Yang menjadi perhatian apakah masyarakat menemukan peraturan perundang-undangan yang tepat untuk membahas suatu persoalan.

Selanjutnya, selain dengan membaca peraturan perundang-undangan secara langsung, masyarakat juga bisa menggunakan jasa konsultasi hukum. Jasa konsultasi hukum dapat diperoleh dari kantor advokat atau tempat lain seperti perguruan tinggi. Konsultan hukum akan memberikan dan menjelaskan peraturan yang tepat sesuai persoalan sekaligus dengan peraturan terkait lainnya.

Hal lain yang harus disadari oleh masyarakat adalah peradilan. Pengadilan merupakan tempat mencari keadilan dan kepastian bagi masyarakat. Setelah memahami hukum, masyarakat akan melihat perbedaan antara kenyataan dan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan. Perbedaan tersebut diselesaikan di pengadilan.

Masyarakat yang sudah memahami hukum tahu bagaimana cara menggunakan negara. Hukum mengatur bahwa negara harus melakukan ini dan harus melakukan itu, hak-hak masyarakat sekaligus kewajibannya, dan bagaimana mekanisme atau cara masyarakat menuntutnya. Melalui hukum masyarakat tahu apa yang menjadi tanggung jawab negara sehingga masyarakat akan melibatkan negara dalam berbagai aspek kehidupan.

Scroll to Top